Bikin Konten Lokal Dalam Game Itu Menantang

Bikin Konten Lokal Dalam Game Itu Menantang

Singapura – Fokus menggarap bisnisnya di pasar Indonesia, membuat Sony Computer Entertainment mulai melakukan localize atau menghadirkan konten lokal di dalam game besutannya. Dimulai dari Bloodborne, terjemahan bahasa Indonesia kini juga terlihat di sejumlah game keluaran Sony.

“Benar, kami memang sudah mulai mengadaptasi sejumlah game kami ke dalam bahasa Indonesia. Ini karena Indonesia menjadi pasar yang sangat penting bagi Sony Computer Entertainment,” ujar Deputy President of Sony Computer Entertainment Japan Asia, Hiroyuki Oda dihadapan sejumlah awak media indonesia, termasuk detikINET di ajang GameStart 2015, Singapura, Sabtu (14/11/2015).

Oda pun mengatakan jika ia dan pihaknya berharap bisa sesering mungkin memberi konten lokal pada gamenya yang beredar di Indonesia. “Akan tetapi, perlu diingat bahwa localize tidak semudah terjemahan. Dua hal yang menurut saya sangat berbeda,” papar Oda.

“Mungkin Anda sering melihat film Hollywood dengan teks bahasa Indonesia? Di dunia game tidak semudah itu. Nyatanya banyak yang tidak menyukai konten lokal tadi. Jadi, ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kami ketika akan menggarap konten lokal,” ungkap Oda.

Ditanya bagaimana soal penjualan PlayStation 4 di Indonesia, Oda menjawab sangat bagus. Sayang, Oda tidak bisa memberikan angka rinci berapa jumlah perangkat yang sukses terjual di Indonesia.

“Maaf saya tidak bisa memaparkan angka untuk Indonesia. Namun, secara global, terhitung hingga bulan Oktober 2015, PlayStation 4 terjual hingga 29 juta unit. Penjualan terbesar di waktu yang singkat dalam sejarah PlayStation,” ujar pria kelahiran 1963 silam ini.

Sebagaimana diketahui, di bulan Mei 2015 lalu secara mengejutkan Sony merilis trailer game Bloodborne dengan teks terjemahan bahasa Indonesia. Sayang, respon dari gamer di Tanah Air kurang begitu bagus. Hal ini dikarenakan terjemahannya dinilai terlalu kaku.

Tak puas hanya di Bloodborne, di bulan Juli 2015 Sony lagi-lagi menambahkan kontek lokal di dalam gamenya. “Pada akhirnya, hanya ada kekacauan,” begitulah kira-kira yang tertulis di sampul belakang game God of Ware Remastered.

Sumber :detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *