Data Center Google Disambar Petir

Data Center Google Disambar Petir Terkena sambaran petir bisa menjadi bencana bagi siapa saja, termasuk pada raksasa internet Google. Beruntung insiden ini tak sampai memakan korban jiwa. Namun karenanya, Google kehilangan banyak data.

Ya, pasalnya petir menyambar salah satu data center Google yang ditempatkan di Belgia. Sejumlah disk di sana rusak setelah data center disambar petir sebanyak empat kali.

Akibatnya, file yang disimpan di disk yang rusak tersebut tidak lagi dapat diakses. Dijelaskan Google, sambaran petir sebenarnya tidak mengarah langsung ke data center, melainkan jaringan listrik lokal.

Namun tetap saja, seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (21/8/2015), data center Google ikut terkena akibatnya. Pada umumnya, data center memang memerlukan proteksi petir ekstra dibandingkan bangunan lain.

“Satu kabel saja bisa merusak apapun yang jaraknya berkilometer jauhnya, lalu mempengaruhi data cente,” sebut Justin Gale, selaku Project Manager layanan perlindungan gedung Orion.

Ditambahkannya, sambaran petir bisa menyerang listrik atau kabel telekomunikasi yang terhubung ke sebuah bangunan di kejauhan dan bisa menyebabkan gangguan.

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *