Indonesia Paling Aktif di YouTube, Tertinggi di Asia Pasifik

Indonesia dipilih jadi tempat peluncuran program YouTube Broadcast Box karena dinilai paling aktif. Mulai dari banyaknya orang yangupload video — tertinggi di Asia Pasifik, hingga dari jumlah durasi menonton.

Itu sebabnya, Google yang menggandeng Loop Telkomsel, kembali meluncurkan program YouTube Broadcast Box di Bandung, tepatnya di Trans Studio Mal. Kota ini dipilih jadi yang kedua untuk tempat peluncurannya setelah Jakarta.

Head of Communications Consumer YouTube, Google Indonesia Putri Silalahi menjelaskan, pemilihan Kota Bandung tak lain karena karakteristik anak mudanya yang kreatif dan multtalenta.

“Broadcast box ini merupakan program perdana YouTube di dunia. Mengapa di Indonesia dulu? Karena pertumbuhan jumlah video di Indonesia luar biasa. Kami melihat banyak potensi yang masih bisa digali, terutama kreator dari daerah,” ujar Putri.

Menurutnya berdasarkan data YouTube, video unggahan dari Indonesia tahun 2015 ini meningkat 600% dibandingkan tahun 2014 lalu. “Ini yang tertinggi di Asia Pasifik,” kata Putri.

Begitu juga dengan durasi menonton video, per tahunnya meningkat sekitar 130%. “Dengan perkembangan smartphone yang terus meningkat, kami yakin potensi YouTuber dari Indonesia akan semakin banyak,” katanya.

Menurutnya hanya saja, saat ini para kreator terutama di daerah masih kesulitan dalam meng-upload video rekaman mereka di YouTube.

“Karena itu kami hadirkan broadcast box, studio mini yang dilengkapi dengan kamera profesional, peralatan, editing. Di sini teman-teman kreator bisa praktik langsung mulai dari pengambilan gambar, editing, hingga upload video,” jelas Putri.

Semua proses itu akan dipandu langsung oleh praktisi ahli di bidang video.

Ditambahkan Niken Sasmaya, YouTube Partnership Manager South East Asia, Australia, dan New Zealand, saat ini Youtuber di Indonesia membuat konten di YouTube berawal dari hobinya. Masalahnya, banyak orang yang kesulitan cara membuat kontennya.

“Terus, setelah konten bisa, bagaimana mencari penontonnya. Lalu bagaimana melindungi kontennya. Hal ini akan kami beritahu juga kepada para kreator,” ujar Niken.

Sementara Vice President Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana, mengatakan selama ini Loop telah menfasilitasi kreativitas anak muda melalui berbagai channel, seperti Loop Channel dan gelaran Loop KePo, agar muncul banyak digital creator.

“Broadcast Box membuka peluang bagi mereka untuk belajar dan mengembangkan kreativitas dalam membuat konten audio visual. Makanya kami senang menjadi bagian dari inisiatif ini,” katanya.

Setelah di Bandung, YouTube Broadcast Box rencananya akan diluncurkan juga di Surabaya pada 22 November mendatang.

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *