Ini Kebiasaan Pengguna Android di Indonesia

Toko aplikasi Android besutan Baidu, MoboMarket, merilis laporan tentang tren penggunaan smartphone Android di Indonesia. Laporan untuk kuartal IV 2014 tersebut disusun berdasarkan hasil riset terkait kebiasaan pengguna.
Disebutkan dalam laporan MoboMarket yang diterima KompasTekno, Sabtu (17/1/2015), menunjukkan bahwa aplikasi game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh pengguna Android. Sebanyak 43 persen unduhan pengguna adalah game, disusul media sosial (12 persen) dan aplikasi foto (11 persen).
Untuk jenisnya, pengguna Android paling banyak yang menyenangi jenis game ringan dan game arcade, masing-masing sebanyak 16 persen. Kemudian disusul game balapan sebanyak 12persen, game action sebanyak 11persen, dan game olahraga sebanyak 7persen.
Walau aplikasi game menjadi aplikasi favorit yang diunduh, namun pengguna Android lebih sering meng-update aplikasi media sosial, yakni sebesar 39 persen. Presentase tersebut menunjukkan perbandingan yang cukup signifikan dengan daya updatepengguna terhadap game, yakni hanya sebesar 12 persen.
Fakta tersebut sekaligus menyimpulkan bahwa kebanyakan pengguna Android memakai media sosial dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, game hanya dipakai untuk jangka waktu tertentu.
Selain mengidentifikasi preferensi pengguna dalam mengunduh dan meng-updateaplikasi, MoboMarket juga memaparkan kebiasaan pengguna Android dalam mengakses smartphone. Fakta menunjukkan, pukul 23.00-24.00 adalah waktu puncak di mana pengguna paling banyak mengakses smartphone.
Fakta ini mengkonfirmasi dugaan bahwa kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia memiliki kebiasaan berkutat pada smartphone sebelum tidur.

sumber : KOMPAS.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *