Kiddle Bukan dari Google

Kiddle Bukan dari Google

Kemunculan Kiddle semula disambut baik para orangtua. Belakangan, mesin pencarian khusus anak ini diketahui tidak sepenuhnya aman bagi buah hati.

Banyak pengguna internet mengira Kiddle merupakan produk Google yang didesain khusus untuk anak-anak. Nyatanya, web ini tidak berasosiasi dengan raksasa mesin pencarian tersebut.

Founding Editor Search Engine Land Danny Sullivan melalui akun Twitternya mengatakan Google tidak meluncurkan mesin pencarian anak-anak bernama Kiddle. “Itu adalah situs pihak ketiga yang menggunakan hasil pencarian Google,” sebutnya.

Seperti detikINET kutip dari Mirror, Selasa (8/3/2016), Kiddle memang berniat baik yakni menyediakan sarana berinternet yang aman. Namun pada praktiknya, tool ini menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna.

Kiddle menggunakan Google Custom Search bar yang disematkan di dalam web tersebut untuk menyaring konten dewasa. Sejumlah konten memang difilter dan sejumlah istilah eksplisit dan nama selebritis seperti Pamela Anderson diblok.

Namun di saat tertentu, filtering ini tidak sepenuhnya sukses. Dicoba dengan kata pencarian lain, tersisip konten dewasa pada hasil pencarian.

Sejumlah pengguna pun melaporkan hal ini melalui cuitan di Twitter. Beberapa di antaranya bahkan ‘tidak beruntung’ sejak pertama kali menggunakannya.

Pada situs Kiddle tertera keterangan: “Sites appearing in Kiddle search results satisfy family friendly requirements, as we filter sites with explicit or deceptive content.

Artinya, situs ini memerlukan peran aktif para orangtua untuk terus memberikan feedback mengenai konten apa saja yang harus diblokir Kiddle. Menanggapi laporan ini, belum ada komentar apapun dari Kiddle.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *