Yahoo Messenger: Bergaya Kekinian dengan Animasi GIF

Yahoo Messenger: Bergaya Kekinian dengan Animasi GIF

Jakarta – Lama tak terdengar kabarnya, Yahoo Messenger mencoba membuat gebrakan. Sejumlah fitur baru dipersembahkan untuk memikat pengguna agar kembali menggunakan layanannya.

Platform baru Yahoo Messenger sudah tersedia untuk perangkat iOS, Android dan Yahoo Messenger di Yahoo Mail versi desktop. Secara keseluruhan, menjajal Yahoo Messenger terbaru memang menawarkan pengalaman chat yang berbeda dari sebelumnya, seperti yang dijanjikan Yahoo.

Dalam pengujian kali ini, detikINET menggunakan Yahoo Messenger untuk Android. Dimulai dari proses penginstalan, aplikasi ini tidak memakan banyak kapasitas penyimpanan. Ukurannya kecil, hanya 6,11 MB.

Halaman pertama Yahoo Messenger akan menampilkan tiga highlight dari update ini, yakni Share Photos & GIF Instantly, Unsend Message dan ‘Like’ Message & Photos. Seolah Yahoo tak sabar ingin memamerkan fitur baru tersebut.

Pengguna bisa sign in dengan mendaftarkan nomor telepon atau menggunakan akun Yahoo yang sudah ada. Jika sudah, kita bisa mulai menjelajahinya.


Tampilan

Yahoo Messenger punya desain yang simpel. Halaman utama menampilkan kotak pencarian dan tombol pengaturan di bagian atas, percakapan di bagian tengah dan tombol untuk memulai percakapan berupa ikon pensil di sudut kanan bawah.

Ketika ikon pensil di-tap, pengguna akan dibawa masuk halaman baru yang menampilkan deretan kontak Yahoo Messenger dan email Yahoo berdasarkan daftar kontak di email dan ponsel mereka. Di sebelah kanan atas terdapat tombol untuk membuat percakapan grup.

Kirim Banyak Foto dengan Cepat

Pembaruan pertama yang dijanjikan Yahoo adalah mode mengirim banyak foto yang diklaim ekstra cepat. Setelah memulai percakapan, di bagian bawah kita akan menemukan ikon kamera, gallery photo dan GIF. Tiga ikon utama ini menjadi akses utama untuk mengirim foto.

Ikon kamera, sama seperti di messaging lain, digunakan untuk mengirim foto yang kita ambil secara langsung saat percakapan. Untuk gallery photo, pengguna tak hanya bisa mengirim foto dari gallery yang ada di ponsel.

Jika memiliki akun Flickr, Yahoo Messenger akan terintegrasi dan memungkinkan kita mengirim koleksi foto di Flickr. Kita bisa langsung mencari dan memilih foto yang akan dikirimkan langsung dari Yahoo Messenger, tak perlu sign in ke aplikasi Flickr.

Dibandingkan messaging lain, mengirim foto banyak sekaligus di Yahoo Messenger baru ini memang terbilang cepat. Menggunakan koneksi WiFi atau data seluler hampir sama kecepatannya.

Yahoo Messenger tidak mengkompresi dan menurunkan kualitas foto sehingga foto yang dikirimkan akan diterima dalam resolusi sebenarnya. Yahoo bahkan mengklaim pengguna bisa menerima ratusan foto sekaligus, tidak ada batasan untuk kapasitas penyimpanan di aplikasi Yahoo Messenger.
Uniknya, semua foto yang dikirimkan akan ditempatkan secara horizontal dan secara otomatis menyesuaikan ukuran yang telah ditentukan formatnya oleh Yahoo Messenger.

Untuk melihat foto-foto tersebut, tinggal swipe ke kiri dan kanan. Fitur seperti ini mungkin baru Yahoo Messenger yang punya. Ini menguntungkan, agar pengguna tak perlu repot melakukan scroll ke atas atau bawah untuk melihat konteks percakapan ketika foto-foto tersebut dikirimkan.

Foto-foto ini tidak ter-download otomatis di perangkat. Di satu sisi, ini menyenangkan bagi yang tidak suka ponselnya dibanjiri dengan foto tidak diinginkan yang dikirim dari chat. Di sisi lain, pengguna harus mendownload-nya satu per satu jika menginginkannya.

Pada pengaturan Yahoo Messenger, tidak ada opsi untuk memilih foto terunduh otomatis atau tidak. Mungkin ke depannya, Yahoo bisa mempertimbangkan untuk menyajikan opsi ini.

Animasi GIF dari Tumblr

Kemampuan mengirim animasi GIF dari Tumblr menjadi fitur paling menarik dari pembaruan ini. Ya, para pengguna messenger yang kekinian sepertinya akan menyukainya.

Ketika mengobrol dan ingin memberikan respons lebih ekspresif dari sekedar gambar, tap tombol GIF dan pengguna tinggal mengetikkan keyword GIF yang diinginkan di kotak pencarian.

Dengan mengetikkan keyword ‘surprise’ misalnya, animasi GIF yang ditampilkan untuk menggambarkan ekspresi surprise bejibun banyaknya. Tinggal dipilih dan di-tap untuk dikirimkan.

Sayangnya, Yahoo sepertinya belum mempertimbangkan untuk menerapkan filtering agar konten GIF yang ditampilkan lebih relevan dengan keyword pencarian. Cukup banyak konten yang muncul tidak nyambung dengan keyword.

Like Foto dan Chat

Kelebihan lain yang ditawarkan Yahoo Messenger terbaru adalah, adopsi ‘like’ seperti di jejaring sosial. Fitur ini bisa menandai ‘like’ foto dan pesan yang dikirimkan teman, baik dalam single conversation maupun group chat.

Jadi, ketimbang mengetikkan komentar, ekspresi rasa suka bisa dilakukan hanya dengan menandai ‘like’ langsung pada foto atau pesan chat tersebut.

Penyelamat salah kirim pesan

Sering salah kirim pesan? Nah, Yahoo Messenger terbaru ini akan menyelamatkan pengguna dari kejadian memalukan seperti itu. Fitur ‘Unsend’ adalah mode yang bisa menarik pesan atau file yang tak sengaja terkirim ke orang lain.

Ketika sebuah pesan atau file sudah di-unsend oleh si pengirim, maka orang yang ‘terlanjur’ menerimanya juga tak akan menyimpannya di perangkatnya.

Semua pesan yang ingin dihapus akan langsung hilang baik di perangkat si pengirim maupun si penerima. Fitur pembatalan ini bisa dilakukan dengan melakukan tap pada pesan atau file yang tak sengaja terkirim, lalu pilih Unsend.

Opini detikINET

Semua fitur baru yang ditawarkan Yahoo Messenger sangat menarik dan potensial menarik minat pengguna. Di antara semuanya, kemampuan mengirim animasi GIF sepertinya bisa menjadi andalan untuk mengambil hati pengguna.

Sebagai catatan, sayangnya Yahoo lupa satu hal. Sebuah fitur yang sangat penting bagi kebanyakan pengguna messaging, ada di semua messenger, namun Yahoo melupakannya, Yahoo Messenger tidak bisa melihat apakah sebuah pesan sudah dibaca atau tidak oleh si penerima.

Catatan lain juga dialamatkan untuk fitur pencarian konten GIF yang menampilkan hasil pencarian kurang relevan. Besar kemungkinan Yahoo akan mempertimbangkan kekurangan yang ada untuk pengembangan di update berikutnya, mengingat perusahaan internet ini berjanji akan terus mengembangkan layanannya dan mendengarkan feedback dari pengguna.

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *